METODE VAKT SOLUSI UNTUK KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK HIPERAKTIF

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukun dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru kelas ketika mengajarkan membaca anak ABK dengan tipe hiperaktif. Metode VAKT yang focus dengan penggunaan seluruh multisensori yang dimiliki manusia, diharapkan dapat memberikan solusi guru dalam mengajar siswa ABK tipe hiperaktif dengan kesulitan belajar membaca permulaan. Penelitian ini merupakan hasil dari kajian pustaka dengan cara riset kepustakaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan langkah-langkah pembelajaran dengan metode VAKT ini yaitu; langkah pertama dari aspek visual yaitu, guru mulai membagikan katu huruf lalu mengucapkannya, lalu siswa diminta untuk melihat dan ikut mengucapkannya, langkah kedua dari aspek auditori, guru mengucapkan bunyi guruf dan siswa mendengar dan mengikutinya, selanjutnya guru akan bertanya ke siswa bunyi huruf tersebut lalu siswa menyebutkan bunyinya, langkah ketiga dari aspek kinestetik, guru menuliskan huruf yang diajarkan diudara, dan siswa mengikutinya. Dan langkah yang terakhir adalah aspek taktil, guru membagikan kartu huruf lagi dan setelah terbagi rata kesemua siswa, guru meminta siswa untuk meraba kartu huruf dengan mengikuti bentuk huruf yang ada di kartu.AbstractThis research was conducted with the aim of solving the problems faced by class teachers when teaching reading ABK children with hyperactive types. The VAKT method that focuses on the use of all human-owned multisensory, is expected to provide teacher solutions in teaching hyperactive ABK type students with difficulty learning to begin reading. This research is the result of literature review by library research. The results of this study reveal the steps of learning with this VAKT method namely; the first step from the visual aspect is, the teacher starts distributing katu letters then pronounce it, then students are asked to see and participate in saying it, the second step is from the auditory aspect, the teacher utters the sound of the guruf and students hear and follow it, then the teacher will ask students the sound of the letter then students mention the sound, the third step from the kinesthetic aspect, the teacher writes the letters taught in the air, and the students follow them. And the last step is the tactile aspect, the teacher distributes the letter cards again and after evenly divided all students, the teacher asks students to feel the letter cards by following the shape of the letters on the cards.