ANAK DI KELUARGA BERMASALAH: PRESTASI BELAJAR DAN PERKEMBANGANNYA

Abstract

Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar dan perkembangan apa saja yang bermasalah pada siswa MI dan kondisi seperti apa saja di keluarganya sehingga membuat prestasi belajar dan perkembangan anak itu berbeda dari teman-temannya. Penelitian kualitatif ini dilakukan di sebuah MI dengan subjek seorang siswa kelas II. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan kajian ini adalah prestasi belajar siswa tersebut rendah pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Perkembangan yang bermasalah yaitu pada sosioemosionalnya. Prestasi dan perkembangan yang bermasalah itu disinyalir sebagai akibat dari kondisi keluarga yang melingkupi dirinya, seperti perceraian, orang tua sambung, tidak adanya perhatian dari ayah, ibu yang jarang di rumah, bimbingan bibi yang tidak maksimal. Untuk mencapaian keberhasilan belajar perlu adanya kerja sama yang intensif antara orang tua dan guru dalam mendidik, membimbing, dan mengawasi perkembangan anak.CHILD IN A TROUBLED FAMILY: LEARNING ACHIEVEMENT AND DEVELOPMENTAbstract: The research aims to know what problems happen in student’s achievement and development then how is the family that influences child’s achievement different to others. This qualitative research is conducted to one student in the second grade of elementary school. To collect the data researcher uses interview, observation, and documentation. The finding of this study shows that child’s achievement is low in the aspect of cognitive, affective, and psychomotor. The problem of development occurs to the socioemotional. Complicated child’s achievement and development allegedly as the effect of family conditions such as divorce, step father, lack of attention from father, mother who is rarely at home, and aunt’s assistance that is not optimal. To get success in achievement needs the cooperation between parent and teacher in educating, guiding, and monitoring child’s development.