Pengaruh Penggunaan Flash Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik masih kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Peserta didik ramai sendiri, konsentrasi belajar kurang serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosa kata bahasa Arab, yang mengakibatkan kemampuan menghafal kosa kata peserta didik rendah. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menggunankan media flash card. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media flash card mampu meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk "Mengetahui penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: Pada hasil pre-test menunjukkan ada 68,9% subjek (20 siswa) tidak berhasil mencapai KKM. Dan pada Siklus I peneliti menggunakan Metode PTK dengan media Flash Card menunjukkan sebanyak 68,9% (20 siswa) sudah berhasil mencapai KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 82,7% (24 siswa) yang sudah berhasil mencapai KKM. Hasil ini memang tidak terlalu signifikan tapi sudah cukup membuktikan hipotesis awal peneliti bahwa Media Flash Card dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa SMP Plus Sunan Drajat Ajung.   Kata Kunci: Median Flash Card, Kosa Kata, Bahasa Arab