PEMIKIRAN PENDIDIKAN ANAK ABDULLAH NASHI ULWAN (KAJIAN TERADAP RITUAL KATOBA)

Abstract

Tulisan ini mengkaji pemikiran pendidikan anak Abdullah Nashi Ulwan dengan bahan kajian prosesi ritual katoba di Kabupaten Muna. katoba secara harfiah dapat diartikan sebagai penobatan, yaitu sebagai bentuk upacara adat islami pada masyarakat Muna yang disampaikan oleh imam (penutur) kepada anak/yang ditoba (objek tutur) yang hendak beranjak dewasa. Katoba merupakan salah satu ritual adat yang ditujukan kepada anak-anak yang berisi tentang perintah kebaikan dan juga larangan melaksanakan keburukan. Penelitian ini bertujuan mengungkap materi pendidikan anak Abdullah Nashi Ulwan dalam ritual katoba pada masyarakat Muna. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di kabupaten Muna dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepada tokoh adat dan imam pelaksana katoba, observasi, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat materi  pendidikan anak Nashih Ulwan dalam ritual katoba. Aspek-aspek pendidikan tersebut meliputi: pendidikan iman, pendidikan moral, pendidikan mental,  pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan sosial dan pendidikan seks. makna tersebut didapat dari prosesi ungkapan dalam pelaksanaan ritual katoba