Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Kendari

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini berkenaan dengan perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pelaporan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan penilaian autentik dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni dengan menetapkan indikator pencapaian kompetensi, menetapkan kriteria penilaian, membuat instrumen penilaian, menetapkan bobot nilai, dan menetapkan rumus penentuan nilai akhir. Pelaksanaan penilaian kompetensi sikap menggunakan penilaian observasi maupun penilaian jurnal dan terkait kompetensi pengetahuan, guru menggunakan bentuk penilaian tes tertulis, tes lisan, dan penilaian penugasan sedangkan dalam sektor kompetensi keterampilan, guru melaksanakan penilaian kinerja. Dalam proses pelaporan penilaian dianalisis sesuai dengan pedoman penskoran dan dituliskan secara deskriptif naratif selain skor meskipun prosedur pelaporan penilaian dalam kompetensi sikap belum sesuai dengan pedoman penilaian revisi kurikulum 2013 dan pelaporan penilaian kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum.