PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara tepat pengaruh penerapan sikap terhadap hasil belajar siswa MTsN I Wakatobi kelas VII A. Penelitian ini merupakan penelitian PTK. Rancangan  penelitian  ini  menggunakan  Penelitian  Tindakan  Kelas yang dilaksanakan secara lazim sesuai dengan prinsip Penelitian Tindakan Kelas  yaitu  meliputi  4  tahap:  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan refleksi. Dalam penelitian ini, yang penulis jadikan sebagai subjek penelitian adalah  siswa  kelas VII A MTsN I Wakatobi Kabupaten Wakatobi   Tahun   Pelajaran   2017/2018 semester Genap,  yang berjumlah 34 orang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 3 metode, yaitu: mengadakan  tes atau evaluasi terhadap peserta didik melalui pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep membaca dan menulis awal Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis terhadap siswa kelas VII A MTsN I Wakatobi melalui penerapan sikap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII A, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan sikap dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa  Indonesia  pada  siswa  kelas  VII A MTsN I Wakatobi.