MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAKWAH JAMAAH TABLIGH (Studi Kasus di Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari )

Abstract

Sejak tahun2009, Pondok Pesantren Salafiyah Kasyiful ‘Ulum Kendari mulai berdiri dan didalam kurikulum pesantrennya menyelenggarakan Program Dakwah metode Jamaah Tabligh.Masuknya program dakwah Jamaah Tabligh dalampembelajaranpesantren,secara tidaklangsung cukupberpengaruhdalam pengalokasian waktu ketika menyusun jadwal pembelajaran; antara pembelajaran dakwah dengan kajian kitab klasik. Keadaan ini tentu perlu untuk dikaji lebihjauh,agarke depanpadamasing-masing pesantrendapatmengelola kurikulumdengan selalu menjaga sinergitas antara kewajiban melaksanakan pembelajaran dakwahdengan kajian keagamaan berupa pengajian kitab;yaitubagaimana manajemenkurikulumdanusaha menata-kelola kurikulum padaPondokPesantrenSalafiyah Kasyiful Ulum.