TANTANGAN BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENERAPKAN KONSEP PENDIDIKAN AGAMA BERWAWASAN MULTIKULTURAL

Abstract

Abstrak Pendidikan multikultural adalah suatu cara untuk mengajarkan keragaman. Gagasan pendidikan multikultural bukan merupakan hal baru di Indonesia. Meskipun demikian, pembahasan mengenai subyek ini masih sangat terbatas, khususnya di lingkungan pendidikan agama Islam. Padahal pendidikan agama juga berupaya secara sistematis untuk menanamkan suatu kesadaran tertentu berkaitan dengan ikatan kelompok keagamaan, serta bagaimana membangun pandangan dan sikap yang menghargai, mengindahkan dan menjunjung perbedaan sebagai suatu kenyataan yang wajar dan bermanfaat bagi kehidupan. Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural merupakan alternatif bagi pengembangan model pendidikan agama Islam yang masih perlu pendalaman mengenai konsep, karakterisitik dan nilai-nilai didalamnya. Artikel ini berusaha memaparkan pendidikan agama Islam dan pendidikan multikultural serta apa saja tantangan, hambatan penerapan pendidikan agama Islam berwawasan multikultural. . Sehingga diharapkan pada akhirnya para guru PAI mampu menciptakan suasana belajar yang mencerminkan nilainilai kemanusiaan tanpa menghilangkan budaya sebagai ciri khas dan kekayaan bangsa, dengan tetap memperhatikan nilai-nilai Islam guna mencetak generasi muda bangsa Indonesia yang bermoral dan berkarakter. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Multikultural, Berwawasan Multikultural