Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review
Abstract
Pembelajaran matematika pada umumnya hanya menggandalkan buku dan kemampuan guru dalam menyampaikan materi, sehingga terjadi beberapa permasalahan di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu media untuk membantu pembelajaran di kelas. Blabak Trarerodi merupakan salah satu media yang dapat digunakan pembelajaran di kelas khusus pada materi geometri transformasi. Blabak Trarerodi terdiri atas materi translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan yang dilakukan peneliti adalah analisis, mendesain media, mengembangkan, mengujicobakan dan merefleksi. Akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahapan pengembangan media. Hasil dari media ini tentunya sudah diperlihatkan kepada ahli media. Ahli yang memberikan validasi adalah dua teman sejawat yang dalam pembelajarannya juga menggunakan media dengan menggunakan angket yang isinya tentang tampilan dan keefektifan media Ketika digunakan. Hasil dari validasi ini menunjukkan media sudah bisa digunakan dengan beberapa revisi dari masukan validator. Selain itu, media ini juga dapat dibuat sendiri oleh siswa karena langkah dan tata cara penggunaan media juga tersedia. Mathematics learning in general only relies on books and the teacher's ability to convey material, so that there are several problems in the classroom. To overcome this, we need a media to help learning in the classroom. Trarerody Blabak is one of the media that can be used for learning in special classes on transformation geometry material. Trarerody Blabak consists of material translation, reflection, rotation and dilation. The method used in this research is development with what researchers do are analysis, media design, development, testing and reflection. However, in this study only up to the stage of media development. The results of this media must have been shown to media experts. The experts who provided validation were two colleagues who in their learning also used the media by using a questionnaire whose contents were about the appearance and effectiveness of the media when used. The results of this validation show that the media can already be used with several revisions from the validator's input. In addition, this media can also be made by students themselves because the steps and procedures for using the media are also available.