Analisis Potensi Hasil Penelitian Etnobotani Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Materi Tumbuhan
Abstract
Belum ada penelitian pendidikan yang mengangkat etnobotani sebagai sumber belajar siswa SMA kelas X materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan dan makna simbolik yang digunakan dalam Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo, serta mengetahui potensi sumber belajar materi Tumbuhan SMA kelas X pada tradisi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Abdi Dalem Juru Kunci. Objek dalam penelitian ini ialah tumbuhan yang digunakan dalam kegiatan Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan daftar dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat 44 jenis tumbuhan yang digunakan pada uborampe bunga dan sajian dalam tradisi. Makna simbolik dari tumbuhan yang digunakan pada tradisi tersebut ialah sebuah doa dan harapan baik semoga kesalahan para leluhur dimaafkan dan diberi tempat yang lebih baik oleh Allah SWT. Berdasarkan analisis potensi sumber belajar, hasil penelitian ini berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X materi tumbuhan pada divisi Spermatophyta.