Analisis Butir Soal Keterampilan Proses Sains Pada Instrumen Uji Coba Materi Ekosistem

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal keterampilan proses sains pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan secara online melalui pendekatan deskriptif. Beberapa uji yang dilakukan di antaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari tingkat validitas soal, persentase soal valid sebesar 63% dan yang tidak valid sebesar 37%. Hasil uji reliabilitas soal dengan menggunakan program AnatesV4 dan taraf signifikan 5%  dengan jumlah N = 35 diperoleh nilai rtabel = 0,334, sedangkan rhitung = 0,76. Karena rhitung 0,76 > rtabel 0,334, maka Instrumen yang digunakan bersifat reliabel. Adapun tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa 70,3% soal berada pada kategori sedang, dan 51,2% memiliki daya pembeda dengan kategori baik atau sangat baik. Hasil analisis butir soal ini mengindikasikan bahwa soal keterampilan proses dikategorikan sudah valid dan reliabel serta dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya. ABSTARCT This study aims to describe the quality of the item science process skills in the material ecosystem. This type of research is online field research through a descriptive approach. Some tests include validity, reliability, difficulty, and differentiation. This research was conducted at SMA Negeri 4 Sukabumi City. The population of this research is the students of class XI Science. Sampling in this study was conducted by purposive sampling. The sample in this study were 35 students of class XI Science 3. The analysis shows that the quality of the items from the level of validity of the questions, the percentage of valid questions was 63% and the invalid ones were 37%. The reliability test results using the AnatesV4 program and a significant level of 5% with the number N = 35 obtained rtable = 0.334, while rcount = 0.76. Because r count 0.76> r table 0.334, the instrument used is reliable. Then in terms of the level of difficulty, that at a percentage of 70.3% (29) the most difficult category is in the medium category. And in terms of distinguishing power, obtained a percentage of 51.2% which is a good or very good category relative to a very large percentage. In conclusion, questions that are valid and reliable can already be used for further research.