Pembelajaran Thinking Actively in Social Context untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Thinking Actively in Social Contexts (TASC) pada pembelajaran Biologi SMA disertai dengan panduan model yang layak untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking. Penelitian ini menggunakan model 4D: define, design, develop, disseminate yang dikombinasikan dengan model Borg and Gall. Tahap define meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, kegiatan siswa, materi dan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan media, perancangan modifikasi sintaks, perancangan format panduan model, serta pembuatan produk awal. Tahap develop meliputi pengembangan model TASC disertai panduan model dengan penilaian oleh ahli dan uji pengembangan (uji coba terbatas dan uji coba lapangan). Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran model TASC dilengkapi panduan model yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TASC layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking siswa. Pencapaian nilai kemampuan higher order thinking mengalami peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil pretest dan postes yang telah diuji dengan uji gain score dan uji t.   Kata kunci: Model pembelajaran TASC, higher order thinking.