PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MI INSTAN PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak, Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah dalam memperhatikan label halal pada kemasan produk pangan pada saat mengambil keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mi instan pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 91 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R square). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Label Halal, Mahasiswa, Keputusan Pembelian Abstract, The background of the problem of this research is to find out the concern of the Students of the Islamic Economics Department in paying attention to the halal labels on food product packaging when making purchasing decisions. The purpose of this study was to find out whether there was an effect of halal labeling on the decision to purchase instant noodles products in the Students of the Islamic Economics Department of the Padangsidimpuan State Islamic Institute. This research is quantitative research. The data source used is primary data. The data collection technique used was a questionnaire, with a sample of 91 respondents. The analytical tool used is validity and reliability test, normality test, linearity test, simple regression analysis, t test, and test the coefficient of determination (R square). By using the SPSS Version 21 program. The results showed that halal labeling had a positive influence on purchasing decisions. Keywords: Halal Label, Student, Purchasing Decision