ANALISIS KUALITAS LAYANAN MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality yaitu variabel Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, dan Contact terhadap kepuasan peserta JKN-KIS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penelitian menggunakan metode Regresi Linier Berganda dengan software SPSS 21. Sampel sebanyak 100 responden. Responden adalah pengguna Mobile JKN. Penelitian menunjukkan bahwa variabel Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, Contact secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta. Penelitian juga menunjukkan bahwa secara persial variabel efficiency, fulfillment, dan responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta JKN-KIS, dan variabel Reliability, Privacy, dan Contact berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan peserta