MEDIA KOMUNIKASI MASSA IKLAN ROKOK SERTA DISTRIBUSI MINAT BELI KONSUMEN ROKOK KOTA MEDAN
Abstract
ABSTRAKPemerintah kota medan telah mengatur pembatasan iklan rokok melalui Perda No 3 Tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok, pembatasan terhadap iklan rokok terus dilakukan akan tetapi konsumsi rokok terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran paparan iklan rokok dan minat beli konsumen rokok pada perokok di kota medan. Penelitian ini merupakan penelitian survey cepat dengan analisis survey. Sampel penelitian adalah perokok sebanyak 210 sampel dengan alat pengumpulan data berupa instrument kuisioner yang diadopsi dari penelitian terdahulu. Kuesioner telah di uji kualitasnya melalui Uji Validitas dan Reliabilitas. Hasil Penelitian didapatkan mayoritas responden adalah laki laki, usia terbanyak 45-54 tahun dan mayoritas berpendidikan terakhir SMA. Rata-rata total paparan iklan rokok pada responden menunjukkan kategori sedang (2.10 kali/hari) dengan paparan frekuensi menunjukkan kategori sedang (2.08 kali/hari), paparan intensitas menunjukkan kategori sedang (2.63 kali/hari) dan paparan durasi menunjukkan kategori rendah (1.83 kali/hari). Rata-rata minat total pembelian rokok pada responden menunjukkan kategori sedang (2.22 kali/hari) dengan minat transaksional menunjukkan kategori rendah (1.75 kali/hari), minat referensial menunjukkan kategori rendah (1.85 kali/hari), minat preferensial menunjukkan kategori sedang (2.86 kali/hari) dan minat eksploratif menunjukkan kategori sedang (2.45 kali/hari). Rata-rata paparan iklan rokok pada responden menunjukkan kategori sedang dan rata rata minat pembelian rokok pada responden sedang. AbstractThe Medan city government has regulated restrictions on cigarette advertising through Perda No. 3/2014 on smoking-free areas, restrictions on cigarette advertising continue to be carried out but cigarette consumption continues to increase. This study aims to determine the description of cigarette advertisement exposure and cigarette consumer buying interest in smokers in the city of Medan. This research is a rapid survey research with survey analysis. The research sample was 210 smokers with a data collection tool in the form of a questionnaire that was adopted from previous research. The questionnaire has been tested for quality through validity and reliability tests. The results showed that the majority of respondents were male, most aged 45-54 years and the majority had high school education. The average total exposure to cigarette advertisements in respondents was in the moderate category (2.10 times / day) with frequency exposure showing the moderate category (2.08 times / day), the intensity exposure showed the moderate category (2.63 times / day) and the duration of exposure was the low category (1.83 times / day). The average total interest in buying cigarettes in respondents shows a moderate category (2.22 times / day) with transactional interest showing a low category (1.75 times / day), referential interest shows a low category (1.85 times / day), preferential interest shows a moderate category (2.86 times / day) and explorative interest showed moderate category (2.45 times / day). The average exposure to cigarette advertisements in the respondents showed a moderate category and the average interest in buying cigarettes in the respondents was moderate.