PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KARAKTER BUDAYA ANAK BANGSA

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin pesat seturut dengan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut menghasilkan berbagai aplikasi, yang selalu baru dari hari ke hari. Salah satunya adalah gadget. Gadget sangat berdampak pada pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan dan karakter budaya bangsa. Karakter dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, dan watak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kadar intensitas penggunaan gadget siswa MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak di MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey-kuantitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan penelitian dengan memilih sampel dari suatu populasi dengan memanfaatkan kuisioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS untuk mendapatkan keabsahan data. Akhir penelitian ini terdapat temuan siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya aktif atau selalu menggunakan gadget dengan baik sesuai indikator yang telah dipaparkan, siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya memiliki karakter budaya bangsa yang baik sesuai indikator penelitian, koefisien regresi faktor penggunaan gadget tidak teruji dan hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa penggunaan gadget berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Dari output uji regresi, nilai koefisien regresi bernilai positif maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh hubungan intensitas penggunaan gadget (X) berpengaruh positif terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa (Y). Sehingga persamaan regresinya adalah Y = 49,048 + 0,114X.