APPLICATION OF MAKE A MATCH METHOD TO IMPROVE ARABIC VOCABULARY UNDERSTANDING

Abstract

ABSTRAK   Berawal dari problematika lemahnya peserta didik penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya bahasa Arab. Peserta didik menganggap bahasa Arab sangat membosankan dan menakutkan, akibatnya mereka malas dan enggan untuk mempelajari bahasa Arab. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Make A Match pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Alamat peserta didik kelas IV MI Sabilul Muttaqin 02 Gandusari Blitar. Penelitian ini mengunakan penelitian tidakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection), sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada mata pelajaran bahasa Arab materi tentang Alamat. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan model Make A Match, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik mulai pre test, post tes siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai peserta didik 59 (pre test), meningkat menjadi 69 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 83,9 (post test siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model Make A Match meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Sabilul Muttaqin 02 Gandusari Blitar.