Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Memperoleh informasi yang mendalam mengenai cara guru merancang pembelajaran kecerdasan bahasa anak di dalam kelas. (2) Mengetahui pendekatan, metode dan strategi pembelajaran yang dilakukan guru kepada anak dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis kecerdasan bahasa anak., (3) Mengetahui perkembangan kecerdasan bahasa anak setelah pembelajaran berbasis kecerdasan bahasa anak di TK. Tunas Tridharma Plus Samarinda. Pengamatan meliputi :(1) Metode pengamatan berperanserta (observasi partisipatif), sebagai tehnik utama untuk mengumpulkan data mengenai pembelajaran kecerdasan bahasa anak. (2) Metode wawancara mendalam yang dilakukan terhadap pengelola, guru dan orang tua murid dalam pengumpulan data yang berhubungan dengan pelaksanaan metode yang diterapkan sebagai proses pembelajaran kecerdasan bahasa anak di TK. Tunas Tridharma Plus. (3) Metode dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan. Tekhnik analisis data yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber baik dari pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil dari Penelitian adalah sebagai berikut : (1) Guru telah merancang media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak di dalam kelas. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan model area dengan menggunakan media belajar seperti kartu huruf, kartu kata, puzzle, serta metode dan strategi bercerita, bercakap-cakap, serta metode membaca yang digunakan dalam pembelajaran kecerdasan bahasa anak. (3) Pembelajaran bahasa anak setelah menggunakan media pembelajaran berbasis kecerdasan bahasa anak di Taman Kanak-kanak  Tunas Tridharma Plus Samarinda mengalami perkembangan yang baik yaitu : dapat membaca, bisa menulis sederhana, bercerita, mampu menjawab pertanyaan, menyusun kartu huruf, mampu menyebutkan huruf-huruf abjad dan bisa menulis namanya sendiri. Dan orang tua dapat memahami lebih baik tentang perkembangan bahasa anak dengan cara mengajak anak berkomunikasi / berbicara secara aktif.