Faāliyatu Istikhdām Fīlm Ar-rusūm Al- Mutaharrikah Li At-Tasyjī`At- ṭullābi Fī Mahārah Al-Kalāmi Bī MAN 2 Langsa

Abstract

Film Animasi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian tentang film animasi dan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa. Karena media ini belum pernah digunakan di sekolah ini. dengan demikian peneliti ingin menjawab pertanyaan berikut apakah penggunaan Film animasi pada pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa efektif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan film animasi dalam keterampilan berbicara di sekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian yaitu semua kelas 10 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 150 orang. Adapun sampenya adalah siswa kelas 10 MIA1 sebagai kelas eksperimen dan 10 MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan tes awal dan akhir dalam pengumpulan data dan sesudah melakukan penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Film Animasi dalam keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa sangat efektif hal ini dibuktikan dengan tes yang dilakukan di dua kelas karena hasil uji t 3,163 lebih besar dari pada 2,021 pada t tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima.