Taqwīm Istima` Khilālu Fitratul Al-Wabā’ Fī Ma`hād As-salam Tanjung Pura
Abstract
Peneliti berusaha mengkaji tentang bagaimana evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Selama pandemi berlangsung peneliti melihat bahwa evaluasi di pondok pesantren tersebut berkurang atau masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan tidak efektifnya waktu siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dikarenakan minimnya waktu guru tidak memberi evaluasi harian terhadap siswa, sehingga siswa tidak mengetahui sampai dimana pemahaman belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana standart evaluasi siswa selama pandemi, dan bagaimana guru memberi evaluasi istima’ siswa selama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-ikhwan as-salam Tanjung Pura. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi, wawancara dokumentasi, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru bahasa Arab istima’. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasannya evaluasi pembelajaran Istima’ Selama Pandemi Di Pondok Pesantren Al-Ikhwan As-Salam Tanjung Pura adalah: perbedaan dalam standart evaluasi selama pandemi dan sebelum pandemi tidak ada hanya saja waktu dan jam pembelajaran yang dikurangkan. Adapun guru dalam memberi evaluasi dengan menggunakan video yang terbagi menjadi dua level: level A dan Level B, kemudian murid mendengarkan lafal yang benar sesuai pendengaran masing-masing, dan mengisi titik-titik.