FA’LIYAH ISTIKHDAMUSH SHURAH FI TA’LIMUL MUFRADAT BI MTSN LANGSA

Abstract

Sesungguhnya media memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar guna tercapainya tujuan pembelajaran. Tapi yang menjadi permasalahannya di dalam proses belajar bahasa arab adalah masalah kurangnya media pembelajaran, kalau di lihat dari segi materi bahasa arab bukanlah sesuatu yang asing dalam dunia pendidikan islam. Hal ini dapat di lihat dari persentase keinginan siswa dan siswi di dalam belajar bahasa arab.. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas penggunaan media gambar di dalam mengajar mufradat di madrasah Tsanawiyah negeri langsa sekaligus untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi oleh guru dalam mengajar mufradat.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian uji-t. Populasi dari penelitian ini meliputi para siswa  di kelas 2,4 & 2,6  di MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2013-2014. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri,  observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran mufradat di MTsN langsa menunjukkan bahwa proses pembelajaran mufradat berbeda beda antara satu guru dengan guru yang lainnya. Hal ini di sebabkan karena jenjang / tingkat kelas yang berbeda pula, tapi kalau di lihat dari segi metode pengajarannya, semua guru jarang menggunakan media gambar.).