MUSYKILATUL MU’ALIM FII TA’LIM LUGHAH AL ‘ARABIYAH BI MAN 1 LANGSA

Abstract

MAN 1 Langsa adalah salah satu sekolah yang mempelajari materi Bahasa Arab. Kadang-kadang terdapat beberapa problematika dalam mengajarkannya, umpanya banyaknya siswa yang lulusan SMP yang dimana disana mereka tidak belajar Bahasa Arab dan kurangnya minat siswa dalam mempelajarinya serta lemahnya kemampuan siswa karena tidak menghafal kosakata dan tidak memahami struktur Bahasa. Karena itu peneliti memilih judul problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa dan untuk mengetahui usaha guru dalam menghadapi problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Dan populasi penelitian ini seluruh guru pada tahun ajaran 2019/2020 M dan jumlahnya 3 guru. Dan peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi. Dan setelah peneliti menganalisis maka hasil penelitian ini adalah problematika guru dalam belajar Bahasa Arab banyaknya siswa yang tidak menghafal kosakata, dan kurangnya waktu yang tersedia untuk belajar Bahasa Arab bagi siswa lulusan bukan pesantren untuk mempelajari dasar dari Bahasa Arab. Dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi problem tersebut dengan memberikan kosakata untuk dicari maknanya bersama teman-temannya, dan membagikan kartu yang terdapat kosata dan maknanya untuk dihafal di minggu yang akan datang.