ISTIKHDAMU LU’BAH ASYA UDDHA IAH FI TA’LIM LUGHAH ‘ARABIYAH BI MTs S TERPADU LANGSA

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, dan aktifitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan aktifitas memahami  bacaan dengan baik. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab disekolah MTs S Terpadu Langsa membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran qiraah. Maka dipilihlah permainan “ Kata yang Hilang” untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qiraah disekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan di MTs s Terpadu langsa pada tahun ajaran 2019-2020 yang terdiri dari 407 orang siswa, dan siswa mengambil 66 orang siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik purpose sampling. Dan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan tes (awal dan akhir) sebagai instrument dalam mengumpulkan data, dan sesudah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa : Permainan Kata yang Hilang pada Kemahiran Membaca di MTs S Terpadu Langsa Efektif, hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) hitung 4,189 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.