TA’TSIR AT-THARIQAH RESITASI WA ISTIKHDAMUHA ‘ALA TATHWIRIN MA’RIFII LI THULLAB FII MAHARATIL ISTIMA’ BI MAN 1 LANGSA

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Pengaruh  Metode  Resitasi  Terhadap  Perkembangan Kognitif  Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk  mengetahui pengaruh penggunaan Metode ResitasiTerhadap Perkembangan Kognitif  Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa, dan Apa saja pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap Kognitif  Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian eksperimen menggunakan metode resitasi. Ini adalah cara yang cocok untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan mendengar. Dan adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen quasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini meliputi 118 siswa kelas XI di MAN 1 Langsa tahun pelajaran 2019-2020 dengan jumlah sampel 22 siswa dari kelas kontrol dan 22 siswa dari kelas eksperimen. Dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu:  metode resitasi berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif siswa khususnya kemahiran mendengar, ini di buktikan dengan nilai t-hitung 2,04 lebih besar dari pada nilai t-tabel 1.697, dan macam-macam pengaruh dari penggunaan metode resitasi terhadap perkembangan kognitif siswa pada kemahiran mendengarkan di MAN 1 Langsa yaitu : siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik, siswa dapat memecahkan masalah dan siswa mengetahui materi yang baru dari materi yang di ajarkan oleh guru.