LU’BAH MENGELUARKAN KATA ASING WA FA’ALIATI ISTIKHDAMIHA LI TARQIYATI THULABAH ‘ALA MAHARATIL QIRAAH BI MTsN 9 ACEH TIMUR

Abstract

ABSTRAK Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, dan aktifitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan aktifitas memahami  qiraah dengan baik. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa proses belajar mengajar antara guru dan siswa dikelas delapan sekolah MTs N 9 Aceh Timur mengalami kesulitan karna para siswa masih kurang dalam pemahaman qiraah. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab disekolah MTs N 9 Aceh Timur membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran qiraah. Maka dipilihlah permainan “ Mengeluarkan Kata Asing” untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qiraah disekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen True Experimental Design. Dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan di MTs N 9 Aceh Timur pada tahun ajaran 2019-2020 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 152 siswa, dan peneliti mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik purpose sampling. Dan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan tes (awal dan akhir) sebagai instrument dalam mengumpulkan data, dan sesudah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan : bahwa penerapan permainan mengeluarkan kata asing ini berpengaruh pada pembelajaran maharah qiraah dan bahwa penerapan permainan mengeluarkan kata asing di MTsN 9 Aceh Timur sungguh  efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah membaca , hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) hitung 7,993 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.