LU’BAH MENGURUTKAN CERITA WA FA’ALIYATUHA FI TA’LIMI AL-LUGHATUL ‘ARABIYAH LI TARQIATI QUDRATU ATHULLAB ‘ALA MAHARATI AL-QIRAAH BI SMAN 2 LANGSA

Abstract

ABSTRAK Permainan mengurutkan cerita merupakan  salah satu permainan bahasa yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dan permainan tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap membaca. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas penggunaan permainan mengurutkan cerita untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketramipilan membaca Di SMAN 2 Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Langsa. Populasi  dari penelitian ini meliputi siswa kelas dua di SMAN 2 Langsa dengan jumlah siswa 169 orang.  Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua dengan jumlah siswa 38 orang, Adapun kelas dua  (VIII2) kelas eskperimen dengan jumlah siswa 19 0rang, dan kelas dua (VIII3)  kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang, dan peneliti menggunakan: observasi, dan wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: Penggunaan permainan mengurutkan  cerita dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketramipilan membaca efektif, berdasarkan hasil t hitung4,24lebih besar dari t tabel 3,32, maka  hipotesis dalam penelitian ini diterima.