THARIQAH CIRC WA FA’ALIYYATU ISTIKHDAMIHA FI TA’LIMI AL-QIRAAT BI MTSN 1 LANGSA
Abstract
Pembelajaran membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang penting yang harus dipahami oleh setiap pelajar bahasa asing untuk meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di sekolah bahwaada banyak masalah siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran membaca diantaranya, siswa tidak dapat membaca teks, siswa tidak dapat memahami isi bacaan bahkan ketika guru memberikan pertanyaan dalam bahasa arab mereka tidak mampu menjawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (one group pre test - post test). Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang dilakukan dengan 2 tahap yaitu Pre Test dan Post Test. Sesudah peneliti melakukan penelitian maka hasil penelitian ini adalah penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran qiraah efektif, hal ini dibuktikan t hitunglebih besar dari t tabelyaitu 2,5>2,00 dan kemampuan siswa dalam pembelajaran qiraah dengan menggunakan metode CIRC di MTsN 1 Langsa mengalami peningkatan.