STRATEGI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, muncullah istilah pembelajaran jarak jauh dengan model e-learning. Pendidikan lebih dimudahkan dengan adanya pembelajaran jarak jauh, dimana antara siswa dan guru tidak perlu bertatap muka dan berada dalam lokasi yang sama. Siswa pun dapat mengakses sumber belajar dimanapun dan kapanpun. Kaitannya dengan pendidikan agama islam, tidak semua materi agama islam dapat disampaikan melalui pembelajaran jarak jauh. Sebagian besar materi agama islam berisi tentang prosedur, tata cara beribadah, dan syariat yang membutuhkan praktik serta penilaian dari guru secara langsung. Untuk itulah kajian ini menjawab strategi apa yang diperlukan dalam mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh pada materi pendidikan agama islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan penelitian analitis, yakni proses mengkaji yang didasarkan pada hasil analisis sumber-sumber literatur. Hasil penelitian ini diperoleh dua strategi utama dalam mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh pada materi pendidikan agama islam, yaitu: 1) Memperhatikan langkah dalam mendesain pembelajaran jarak jauh; 2) Menyiapkan komponen dasar e-learning dalam pembelajaran jarak jauh.