PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran dinamika Pendidikan Islam Kontemporer Indonesia saat ini. Mulai dari madrasah, pesantren, diniyah, hingga ke perguruan tinggi Islam disertai analitis dari berbagai sudut pandang. Tidak hanya berkaitan dengan pendidikan nasional, tetapi juga faktor politik, sosial, dan budaya di Indonesia yang dijadikan bahan pertimbangan dalam memandang pendidikan di Indonesia. Jalannya pendidikan, baik pendidikan umum maupun Islam di Indonesia sudah melewati jalan yang panjang untuk bertahan sampai sekarang tidaklah mudah. Setelah berjuang masa marjinasi dan keterbelakangan yang panjang, Pendidikan Islam terus berjibaku diri dan menghasilkan Paradigma baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang melakukan analisis terhadap paradigma Pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Data diperoleh melalui proses validasi terhadap kesamaan judul artikel yang ditemui dalam kurun waktu Februari-Maret 2021. Pendidikan kontemporer harus menyesuaikan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan sistem Pendidikan yang berwawasan global, agar bisa selalu eksis dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan global.