PEMANFAATAN FASILITAS PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan fasilitas sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pemanfaatan fasilitas pembelajaran dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan; cara meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad dan Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pemanfaatan fasilitas pembelajaran dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan yaitu pihak sekolah berupaya untuk menyediakan fasilitas pembelajaran untuk Guru Pendidikan Agama Islam, sesuai dengan skala prioritas. Adapun cara yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan yaitu menenamkan rasa tanggung jawab yang harus di tingkatkan lagi, dengan cara terus mengevaluasi apa yang diberikan kepada peserta didik baik pada tingkat efektivitas maupun efisiensinya. Kendala dalam upaya pemanfaatan fasilitas pe mbelajaran dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan adalah lebih pada sisi banyak menggunakan bahan ajar dan pemanfaatan fasilitas pembelajaran yang membutuhkan biaya yang belum tersedia.