ANALISIS SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 TENTANG KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam surat al-Kahfi ayat 60-82 dan mengetahui nilai-nilai pembelajaran yang terdapat dalam Qur’an Surat al Kahfi ayat 60-82. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian murni deskriptif kualitatif  dengan alasan informasi yang digunakan dalam penelitian ini bukan berupa angka-angka melainkan berupa data-data baik dari buku, jurnal, majalah, atau surat kabar yang semua itu akan digambarkan secara jelas dan terperinci untuk mengembangkan teori pendidikan Islam. Dalam penelitian deskriptif kualitatif disini, peneliti menggunakan metode library research, yaitu suatu riset kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran yang terdapat pada pembelajaran antara nabi Musa dan nabi Khidir lebih kepada metode diskusi, problem solving berbasis realitas. Pada kisah ini nabi Musa diminta untuk kritis memahami fenomena yang ada baru mengeluarkan statement, tidak langsung menyalahkan. Namun yang terjadi nabi Musa terlalu dini untuk mengambil kesimpulan bahwa yang dilakukan oleh nabi Khidir salah. Hal ini bukan berarti dilarang bertanya, tapi lebih tepatnya nabi Musa diminta untuk membaca proses secara keseluruhan, tidak langsung bertanya.  Ini merupakan salah satu strategi pembelajaran active learning.