TRENDING VIDEO LAGU AISYAH ISTRI RASULULLAH DI SALURAN YOUTUBE INDONESIA DALAM PERSPEKTIF POSMODERNISME

Abstract

Artikel ini ingin menjawab pertanyaan, bagaimana trending video lagu Aisyah Istri Rasulullah di saluran Youtube Indonesia dalam perspektif posmodernisme? Apakah perubahan lirik lagu tersebut merupakan bentuk kepekaan budaya? Seperti apa nilai estetika dari lirik dan nada lagu yang diubah tersebut? Mengapa kemudian muncul perdebatan di saat lagu tersebut menjadi trending? Penelitian ini menggunakan perspektif posmodernisme dari Gill Branston dan Roy Stafford (2003: 387-403). Dalam perspektif posmodernisme terdapat tiga bingkai teori, yaitu a form of cultural sensibility (bentuk kepekaan budaya), an aesthetic style (gaya estetika), dan debates (perdebatan). Branston dan Stafford menjelaskan bahwa posmodernisme adalah kata yang ditemui dalam banyak diskusi media kontemporer, dan saluran Youtube adalah bagian dari media kontemporer tersebut. Lagu Aisyah Istri Rasulullah mengalami proses transformasi nilai dan estetika dari lagu pop duniawi ke lagu pop religi atau pop Islami. Transformasi tersebut berhasil menuai prestasi sebagai lagu dengan trending video terbanyak, dengan tiga belas video trending, dengan empat video di urutan teratas. Fenomena ini menarik untuk dikaji karena baru pertama kali terjadi di saluran Youtube Indonesia.