Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa Homeschooling melalui Implementasi CIRC pada Materi Sistem Ekskresi

Abstract

Sekolah dengan sistem homeschooling membantu siswa meraih akademik dan interaksi sosial. Implementasi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir analisis dan komunikasi setiap siswa, Salah satu cara yang tepat untuk menerapkan CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis dan komunikasi siswa kelas XI Homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa homeschooling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator kemampuan untuk menganalisis dan berkomunikasi dikembangkan. Hasil penelitian adalah 1) Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan analitis siswa di kelas XI IPA. Rata-rata siklus 1 adalah 71 dan siklus 2 adalah 76,83, tetapi hanya satu siswa yang dikategorikan lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. 2) keterampilan komunikasi dikategorikan baik.