PENGARUH PELAYANAN, PROMOSI, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DANA INVESTASI PADA ASURANSI SYARIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pelayanan, Promosi, Harga dan Citra Merek sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Apakah dari empat variabel independen tersebut terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial (individu) maupun secara simultan (keseluruhan). Dengan responden yang diteliti yaitu nasabah asuransi Sinarmas MSIG Syariah yang mempunyai polis asuransi dana investasi unitlink dengan jumlah responden sebanyak 60 responden.Teknik analisis yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan koefisien korelasi dan determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Terdapat dua cara yang dilakukan, yaitu (1) uji parsial (individu) dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel pelayanan (X1) dengan koefisien regresi sebesar thitung12.453>ttabel 2.004, variabel harga (X3) sebesar thitung 12.855>ttabel 2.004, variabel (X4) Citra merek thitung 8.098>ttabel 2.004 dan variabel promosi (X1) thitung 11.544>ttabel 2.004. Maka dapat dilihat bahwa yang berpengaruh signifikan yaitu variabel (pelayanan), variabel Promosi, Harga dan Citra Merek berpengaruh. (2) uji simultan (keseluruhan) bahwa keempat variabel bebas (Pelayanan, Promosi, Harga dan Citra Merek) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 12,994> 2,51. Berdasarkan analisis regresi linear berganda didapatkan nilai R square sebesar 0,868 (86,8%) yang berarti bahwa variabel Pelayanan, Promosi, Harga dan Citra Merek memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 13,2% dipengaruhi oleh faktor lain.