Implementasi Program Pojok Literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang
Abstract
Tingkat budaya literasi masyarakat Indonesia tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya budaya literasi peserta didik, salah satunya yaitu minimnya fasilitas perpustakaan. Pojok literasi merupakan gerakan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Pojok literasi memberikan siswa untuk mengakses bacaan-bacaan dari berbagai genre melalui stand-stand yang tersedia disetiap ruang kelas. Dengan begitu frekuensi siswa untuk membaca akan lebih banyak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi program pojok literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang, mulai dari strategi penerapan, faktor pendukung maupun penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini meliputi seluruh warga sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yaitu, observasi, wawancara dan literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi program pojok literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang, telah didukung dengan adanya sumber daya manusia, sumber daya peralatan maupun anggaran. warga sekolah memiliki komitmen yang baik dan professional dalam mengembangkan budaya literasi disekolah. Kata kunci: literasi, literasi sekolah dasar.