PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
Strategi pelaksanaan pendidikan yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pengajaran adalah bentuk kegiatan dimana terjalin hubungan interaksi dalam proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik untuk mengembangkan perilaku sesuai dengan tujuan pendidikan. Selama ini di sekolah menengah pertama pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi mata pelajaran kelas dua karena Ilmu Pengetahuan Sosial tidak di sertakan dalam Ujian Nasional (UN). Paradigma siswa yang menganggap Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pelajaran kelas dua tersebut membuat semangat mereka untuk belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi surut, kurang motivasi sehingga berdampak pada turunnya minat belajar siswa. Hal inilah yang harus diwaspadai. Selain itu kecerdasan emosional anak dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini cenderung fluktuatif sehingga perlu adanya dorongan yang baik dari guru bersangkutan. Kecerdasan emosional anak secara langsung dan tidak langsung memengaruhi minat mereka dalam kegiatan belajar. Disini jelas terlihat hubungan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 80 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Swasta di Kota Tangerang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, pengamatan langsung, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode regresi sederhana dan regresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal Agustus 2017 sampai Desember 2017. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap Prestasi Belajar IPS siswa SMP Swasta di kota Tangerang. Hal tersebut dapat 87 dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan Fhitung sebesar 8,955. Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di kota Tangerang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05, dan thitung sebesar 2,038. Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Tangerang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan thitung sebesar 2,105. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat Belajar dan Prestasi Belajar.