IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INFLUENTIF TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkap implementasi pendidikan influentif terhadap anak yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur'an khususnya yang berbicara tentang pendidikan. Pendidikan adalah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian yang Islami. Dari satu sisi seseorang melihat bahwa pendidikan itu lebih banyak ditujukan kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluan diri sendiri maupun orang lain. Di samping itu pendidikan bertujuan agar terwujudnya manusia sebagai hamba Allah. Yakni pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia menjadikan manusia yang menghambakan diri kepada Allah. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam al-Qur’an dan Hadits dapat ditemukan berbagai metode pendidikan yang sangat menyentuh perasaan, mendidik jiwa, dan membangkitkan semangat, juga mampu menggugah umat Islam untuk membuka hati umat manusia menerima tuntunan Allah. Salah satu metode dimaksud adalah metode influentif yaitu metode pendidikan yang berfungsi untuk mengajak dan membawa umatnya ke jalan Allah dan untuk mendapat keridhaan-Nya.