MODEL PEMBINAAN KARAKTER SANTRI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggali model pembinaan karakter santri dalam pendidikan yang dilakukan di pesantren. Pesantren merupakan Lembaga pendidikan yang khas dan berbasis pada masyarakat. Dalam sejarahnya, pesantren mempunyai kiprah besar dalam membentuk karakter dan jiwa keilmuan peserta didiknya. Cita-cita pendidikan pesantren adalah latihan untuk dapat berdiri sendiri dan membina diri agar tidak menggantungkan sesuatu kepada orang lain kecuali kepada Tuhan. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren merupakan institusi pendidikan yang memiliki keunggulan, baik dari aspek tradisi keilmuan maupun moralitasnya. Hal tersebut tidak lepas karena pesantren sejak awal kelahirannya tidak dapat dilepaskan dari masyarakat. Dengan sifat, ciri, dan cara kehidupan khas yang berlangsung di pesantren, di mulai dari jadwal kegiatan, materi ajar, peran kepemimpinan, lingkungan pesantren dan tradisi-tradisi yang berkembang di pesantren dan semua hal yang berlangsung di pesantren, pendidikan pesantren memiliki model dalam pembinaan karakter bagi santri-santrinya.