NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL-QUR'AN

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggali nilai-nilai pendidikan multikulturalisme dalam al-Qur'an. Telah menjadi kenyataan bahwasanya masyarakat dimanapun berada diciptakan Allah swt. dengan ragam bahasa, warna kulit, bahkan agama atau keyakinan. Semua perbedaan tersebut tidak boleh menjadi sumber perselisihan dan permusuhan, namun menjadi sumber kekuatan melalui kolaborasi dan kerjasama antar masing-masing anggota masyarakat. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikulturalisme dalam perspektif al-Qur'an dibangun diatas pondasi toleransi, tolong menolong, saling menghormati, keadilan, demokratis dan sejenisnya. Peniadaan atas nilai-nilai ini akan mengakibatkan perpecahan dan permusuhan dalam tubuh masyarakat itu sendiri.