Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI
Abstract
Berpikir kritis dan kreatif merupakan perwujudan dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berpikir kritis menuntut individu untuk menganalisa dan menilai pemikiran dengan sebuah pandangan guna memperbaiki pemikiran yang didasarkan pada sebuah tujuan. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang menyebabkan seorang individu dapat melahirkan suatu ide atau gagasan baru atau gagasan kreatif mengenai sesuatu hal. Baik berpikir kritis maupun kreatif sangat penting dikembangkan pada siswa SD/MI, sebab dalam pembelajaran tersebut siswa dituntut untuk mengalisis suatu gagasan dan berpikir secara kritis dan objektif tentang suatu masalah dan menyajikan argumen yang dibangun dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif tentang penerapan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat pendidikan dasar. .