DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana pemebelajaran daring berimplikasi terhadap perkembangan Afektif anak. Pandemi di Indonesia yang tidak kunjung usai membagikan akibat yang begitu signifikan untuk kehidupan tiap hari. Saat ini, demi merendahkan angka penularan, warga dihimbau buat senantiasa belajar, bekerja, serta beraktifitas di rumah saja. Tidak hanya orang berusia, kanak- kanak pula tentu terserang imbasnya, ialah belajar secara daring di rumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, berita. Hasil dalam penelitian, menunjukkan bahwa dampak pembelajaran Daring terhadap perkembangan Kognitif anak secara langsung mengalami hambatan. Dikarenakan dalam pembelajaran daring guru hanya bisa menyampaikan pelajaran dan mengevalusi secara terbatas. Hal ini dapat dilihat dari hasil data 4 artikel dan 6 berita yang menunjukan bahwa dampak pembelajaran Daring terhadap perkembangan Kognitif anak secara langsung mengalami hambatan. Karena pada dasarnya proses pembelajaran tidak hanya Transfer of Knowledge saja tetapi harus juga harus ada interaksi timbal balik antara peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran yang dinamis untuk mentransfer nilai-nilai ke siswa supaya dapat melakukan perubahan tingkah laku maupun pengetahuan. Tidak hanya sampai disitu tetapi seorang guru juga harus membimbing, mengarahkan juga memberikan contaoh teladan yang baik.