PENERAPAN TEKNIK POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan teknik POINT dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan membaca kritis teks berita dengan teknik POINT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas ekperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan teknik POINT dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 46.21 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam membaca kritis teks berita, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam membaca cepat teks narasi meningkat menjadi 90.39 dengan taraf keterampilan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3.01 dan db = 54 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,01>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam membaca kritis teks berita terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, yang menyatakan bahwa pada hasil angket mengenai membaca sebuah teks dengan teknik POINT dengan persentase 96%, mengenai pada saat menjawab pertanyaan sebelumnya sudah mengetahui tentang teknik POINT dengan persentase 96%.