ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Sebagai bangsa yang kaya akan budayanya, Indonesia dikenal sebagai negara dengan karakter yang baik. Sopan santun, menghargai antar sesama, gotong-royong, toleransi dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh yang melekat pada jati diri bangsa Indonesia sejak dahulu. Namun perkembangan zaman yang semakin pesat, pertumbuhan teknologi digital, dimana dunia memasuki sebuah era yang disebut Industri 4.0 agaknya karakter bangsa Indonesia semakin menurun. Tulisan ini bertujuan menganalisis kebijakan pemerintah mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar di era industri 4.0. Kebijakan tersebut yang tertuang dalam program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dianalisa mengenai dasar hukum, peraturan-peraturan lain yang mendukung kebijakan tersebut, masalah atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan tersebut terkait peningkatan mutu pendidikan dasar di era industri 4.0 serta solusi yang dikira tepat dalam menyelesaikan mutu pendidikan dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah peraturan-peraturan pemerintah tentang kebijakan penguatan pendidikan karakter (ppk) dan kebijakan-kebijakan lainnya yang yang relevan dalam kurun 10 tahun terakhir serta jurnal dan buku yang terkait dengan penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.