Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Pengaruh Pembelajaran (Daring Dan Luring) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Di SDN 2 Balangnipa Sinjai. Tesis, Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai . Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pengaruh parsial pembelajaran daring dan pembelajaran luring terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SDN 2 Balangnipa Sinjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring(X1) dan pembelajaran Luring (X2) Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 55 siswa. Sumber data primer dengan teknik pengumpulan angket menggunakan skala likert sebagai pengukuran,. Selanjutnya data diolah dengan sofware statistik SPSS versi 26 dengan proses uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat analisis dan uji t. Hipotesis penelitian ini diduga pembelajaran daring (X1) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (Y), dan diduga pembelajaran luring (X2) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pembelajaran daring (X1) tidak berpengaruh secara terhadap hasil belajar (Y), di mana diperoleh nilai t-hitung sebesar -1,099 dengan nilai sig. sebesar 0,277. Kedua pembelajaran luring (X2) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (Y), diperoleh nilai t-hitung sebesar 23,449 dengan nilai sig. sebesar 0,000.