INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AR ROSIDIYAH BANDUNG

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa derasnya arus informasi, hiburan dan media sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi manajemen pendidikan di MTs Ar Rosidiyyah  Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field work research) yang meliputi aspek perencanaan, implementasi dan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarpras dan beberapa guru. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan tiga macam teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisis dengan menggunakan model analisis interaktif Milles and Huberman, dengan alur reduksi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukkan bahwa : Inovasi manajemen Pendidikan di MTs Ar Rosidiyyah  Bandung dilakukan dengan mengacu pada tiga tahapan, yaitu: Pertama, Inovasi pada tahap perencanaan yang di dalamnya mencakup proses goal, identifikasi masalah, penunjang dan penghambat, alternatif pemecahan masalah, alternatif pengambilan keputusan, dan evaluasi. Kedua, inovasi pada tahap pelaksanaan yang di dalamnya mencakup proses sosialisasi, poling, dan deseminasi. Ketiga, inovasi pada tahap evaluasi yang di dalamnya mencakup proses identifikasi masalah, membuat skala prioritas masalah, analisis masalah, solusi alternative, dan rencana tindak lanjut