MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pembelajaran diperlukan adanya perubahan-perubahan positif, untuk dapat mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien seorang pendidik membutuhkan pengetahuan tentang model dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu, dalam reformasi pembelajaran yang seharusnya dilakukan adalah bagaimana merubah pola kegiatan pembelajaran yang dapat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran terasa lebih menarik. Strategi pembelajaran yang berkualitas merupakan salah satu bentuk usaha untuk merubah pola model pembelajaran yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran. Keseluruhan kegiatan pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif terbentuk dalam paduan antara tahap-tahap kegiatan, metode, media pembelajaran serta waktu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran terangkum dalam strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model dan strategi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian ini berasal dari buku, jurnal dan artikel ilmiah terkait model dan strategi pembelajaran. hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang tepat akan membina peserta didik untuk lebih kreatif dan mandiri. Pemilihan model dan strategi pembelajaran yang tepat akan dapat membina peserta didik ntuk dapat berpikir kreatif, mandiri dan adaptif terhadap berbagai situasi yang terjadi dang mungkin akan terjadi. Pendidik memikirkan dan mempersiapkan model dan strategi pembelajaran yang tepat agar peserta didik mampu menerima dan memproses informasi yang disampaikan oleh pendidik.