PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP SAHAM INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) SEKTOR KEUANGAN

Abstract

Para investor yang melakukan investasi dengan membeli saham di pasar modal akan menganalisis mengenai kondisi perusahaan terlebih dahulu agar investasi yang di lakukan dapat memberikan keuntungan. Dalam melakukan analisis akan saham ada banyak jenis analisis yang di lakukan terutama dalam hal membeli saham yang akan melakukan IPO itu sendiri. Keterbatasan informasi dalam analisis saham yang melakukan IPO ini sering terjadi yang dimana informasi ini sangat di butuhkan dalam menentukan keputusan nantinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap harga saham perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) sector keuagan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yang cara pengambilan sampelnya digunakan teknik sampling purposive. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan Perpektus Perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan juga uji asumsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruah Ukuran Perusahaan berpengaruh secara Positif dan juga Signifikan terhadap Harga Saham dan Umur Perusahaan juga berpengaruh Secara Positif dan Signifikan Terhadap Harga saham.