Implementasi pendidikan karakter berbasis al-quran dan as-sunnah: studi kasus kelas 6 SD al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang

Abstract

Pendidikan karakter berbasis al-Qur‟an dan as-Sunnah di SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) adalah program unggulan sekolah, tujuannya untuk pembentukan karakter mulia sesuai al-Qur‟an dan as-Sunnah pada diri peserta didik melalui pembelajaran sehari-hari di kelas, didukung dengan 3 kurikulum nasional, internasional dan pesantren melalui proses stimulan pendidkan karakter yang lama sejak kelas 1 sehingga di kelas 6 sudah menjadi karakter anak. Sistem evaluasi penilaian Quality Control (QC) siswa yang ketat, kemudian di nilai dan di tindak lanjuti pada program-program pendukung yaitu pelatihan guru-guru, program sosialisasi, program parent visit class (PVC), program rumah tahfizh, dengan rumusan nilai: (1) penanaman adab dan akhlak yang mulia, (2) kebersihan lingkungan, (3) sosial Masyarakat, (4) kesadaran beribadah, (5) cinta tanah air. Implementasi materi dapat dilihat pada: (1) Penyambutan siswa, (2) Bimbingan Wali kelas, (3) membuat tata tertib dikelas, (4) makan siang bersama guru dikelas, (5) mengadakan lomba kebersihan dan keindahan kelas, (6) mengadakan kegiatan bakti sosial, (7) membaca zikir pagi dan petang, (8) shalat dhuha, (9) shalat berjamaah, (10), mengadakan upacara. Faktor pendukung yakni adanya ketaatan dan disiplin guru dalam menjalankan tugas amanah, konsistensi pimpinan, adanya sinergi antara guru, wali murid dan siswa. Faktor penghambat yakni siswa baru yang belum berkarakter al-Qur‟an dan belum bisa mengaji.