PARADIGMA HUMANISME RELIGIUS PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud)

Abstract

Abstrak Pendidikan Islam adalah pendidikan menyeluruh, penuh keseimbangan materi dan spiritual untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam dewasa ini cenderung mementingkan ’ulumuddunya’ atau ‘ulumuddin’ saja. Namun secara realitas sering kali tujuan pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya, terbukti dalam proses pendidikan masih ada kekerasan terhadap anak, mengesampingkan potensi peserta didik, pendidikan terkonsentrasi pada urusan keduniawian saja serta sistem pendidikan yang jauh dari fitrahnya. Abdurrahman Mas’ud menawarkan humanisme religius dalam paradigma pendidikan Islam. Kunci dari humanisme religius yakni konsep pendidikan yang memanusiakan manusia, juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki baik intelektual maupun religius tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang mendasarinya.   Kata Kunci : Humanisme, Religius, dan Pendidikan Islam