PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MEREDAM PENYEBARAN HOAKS
Abstract
Nowadays everyone has a gadget and social media account, such as WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, etc. This can make anyone addicted of technology and make them happy, comfortable, even stress. Therefore, school as a constitutional education obligate to anticipate the spreading of hoax. One of the ways is the role of educational psychology as education process of material learning related to technology. Technology supports all sorts of ability in managing the information gotten by students, such as; understanding, analysis, and critical thinking. Learning process of technology can used by teacher to give instruction in order that the students can managing the information, so that, they can behaving critically and avoiding of spreading of hoax. Saat ini setiap orang memiliki gadget dan akun media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, dll. Hal ini dapat membuat siapa saja kecanduan teknologi dan membuat mereka senang, nyaman, bahkan stres. Oleh karena itu, sekolah sebagai pendidikan konstitusional wajib mengantisipasi penyebaran hoax. Salah satu caranya adalah dengan peran psikologi pendidikan sebagai proses pendidikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi. Teknologi mendukung segala macam kemampuan dalam mengelola informasi yang diperoleh siswa, seperti; pemahaman, analisis, dan pemikiran kritis. Proses pembelajaran teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan arahan agar siswa dapat mengelola informasi, sehingga mereka dapat bersikap kritis dan terhindar dari penyebaran hoax.